Monday, September 24, 2012

Kolonialisme, Budaya dan Gender di Timor-Leste


[Terjemahan tidak resmi dengan ‘Google Translator’ dari: http://karaudikur.blogspot.com/2012/09/colonialism-culture-and-gender-in-timor.html]

Josh Trindade

Tidak ada nilai budaya Timor yang melarang atau membatasi perempuan untuk berpartisipasi dalam bidang apapun (ritual, upacara, budaya, sosial, politik, ekonomi). Pertanyaan sulit adalah "kemampuan".  Jika seseorang tidak memiliki keterampilan yang cukup, laki-laki atau perempuan tidak dapat berpartisipasi "baik" untuk membahas urusan publik. Itu tidak berarti kepentingan mereka dikecualikan. Budaya Timor mendefinisikan peran maskulin dan feminin tanpa referensi atau pembatasan gender, kecuali dalam kasus yang sangat khusus (dalam beberapa praktik ritual). Itu berarti laki-laki atau perempuan dapat menyuarakan sebuah suara maskulin atau feminin atau hal-hal lain. Budaya Timor memang mendefinisikan perempuan kearah lebih domestik, ritualistik, simbolik, melambangkan kesuburan, diam, tak bergerak, kedamaian, ketenangan cara. Tapi itu tidak berarti membatasi perempuan untuk berpartisipasi dalam urusan politik yang terjadi di arena maskulin atu kekuasaan politik untuk menjalankan kekuasaan maskulin atau feminin untuk melakasanakan otoritas (authority) jika mereka memilih juga. Ini juga berarti bahwa, laki-laki dapat berpartisipasi (atau melakukan) pekerjaan feminin seperti 'Soru tais/menenun tais', memasak, mencuci pakaian, dll .... Fleksibilitas inilah yang  telah membuat budaya Timor bertahan terhadap tekanan internal dan eksternal.

Dalam paradigma tradisional, alam sebelum bangsa Eropa datang, ada referensi oral ke sebuah masyarakat egalitarian ('tempu rai diak' [waktu tentram], orang tua kita menyebutnya dalam bahasa Tetun) di mana laki-laki dan perempuan sama-sama berpartisipasi dalam ritual, sosial, budaya , kegiatan politik dan ekonomi secara bebas, deberdasarkan filosofi keseimbangan. Ini masuk akal, karena mereka (laki-laki dan perempuan) dalam komunitas kecil mereka berbagi pengetahuan yang sama. Keseimbangan pada pengetahuan antara laki-laki dan perempuan pada masa itu. Waktu tenang ada di masa lalu, tatanan sosial yang stabil didirikan oleh nenek moyang kita yang tidak berpendidikan, di mana pria dan wanita dianggap sama, meskipun mereka masih orang telanjang karena beberapa penulis Cina awal menjelaskan.

Ketika bangsa penjajah Eropa tiba pada abad ke-15, hal terburuk yang mereka lakukan adalah mengganggu tatanan sosial setempat, dengan bekerja sama dengan 'para penjaga gerbang' (para liurai lokal) dan memerintahkan mereka untuk bertindak seperti raja dalam sistem feodal atau monarki Barat. "Program pengacauan/perusakan terhadap tatanan sosial lokal" dilaksanakan melalui 'penjaga gerbang' yang dalam peran aslinya adalah untuk melindungi rakyat, tapi sekarang mereka bekerja untuk membela kepentingan kolonial yang  'kotor-tersembunyi'. Dalam mengimplementasikan  "Program pengacauan/perusakan terhadap tatanan sosial lokal", mereka sering memilih orang yang 'salah' untuk menjalankan kekuasaan politik, yang terbukti membawa bencana bagi nilai-nilai lokal dan penduduk. Orang Timor menjadi bingung karena tatanan sosial mereka terganggu dan diganti dengan tatanan sosial kolonial yang sering aneh dan tidak sesuai dengan pandangan dunia orang Timor sendiri. Selain memperbudak pengetahuan dan ide-ide lokal, Kolonial juga melatih kaum terjajah, rakyat Timor untuk tidak menyukai diri mereka sendiri, untuk membenci budaya mereka sendiri, untuk berpikir negatif terhadap nilai-nilai tradisional mereka, untuk menurunkan derajat pengetahuan mereka sendiri, untuk menafsirkan 'barlaki' sebagai tindakan menjual dan membeli perempuan dalam arti ekonomi, untuk berpikir bahwa, sistem kepercayaan mereka adalah hal yang negatif dan tidak baik (menyembah berhala); sehingga kaum kolonial dapat menjajah orang lokal dengan lebih baik. Fenomena ini masih terjadi hari ini di Timor-Leste.


Foto: Pria melakukan pekerjaan feminin tenun (Soru) Tais


Foto: Dua wanita yang mewakili klan mereka, melaksanakan pernanan maskuline di arena maskulin, menegosiasi kepentingan mereka dengan klan lainnya. Foto ini juga membuktikan bahwa perempuan di Timor-Leste dapat menjadi 'Lia Nain' dalam kegiatan tradisional.

Foto dari Dua Perempuan, muncul dengan sebuah cerita menarik yang saya ingin berbagi dengan semua orang.

Foto itu diambil pada 2012 June 11th (saat upacara pemakaman paman saya), di rumah saya terletak di Ahabu'u, Suco Babulo, Uatolari, Viqueque. Ini adalah negosiasi yang sangat menarik bagi saya untuk mengamati pada waktu itu. Negosiasi melibatkan keluarga saya sebagai pengambil-istri (Fetosan, pengambil kehidupan), dalam posisi inferior dan Dua Perempuan mewakili pemberi-istri(Umane, pemberi kehidupan) di posisi superior. Sangat menarik untuk mengamati dinamika-dinamika antara konsept gender itu sendiri, kekuatan maskulin atau kekuasaan dan kekuatan feminin atau otoritas, dimainkan/diadu dalam negosiasi ini, karena ada dua laki-laki (saudara dan paman saya) mewakili pengambil-istri (pengambil-kehidupan, nilai-nilai maskulin) dalam posisi inferior/submissive (dibawah) terhadap dua wanita mewakili pemberi-istri (pemberi hidup, nilai-nilai feminin) dalam posisi superior/dominan (diatas) dalam hubungan pernikahan Timor. Dalam pemahaman inilah negosiasi ini berlangsung. Jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) menjadi kurang penting di sini. Jika kita menempatkan situasi ini dalam 'diskusi kesetaraan gender modern', itu menjadi isu yang penting.


Hal kedua, Kedua Wanita berasal dari kelompok lain bahasa (Makasae dari Ossu dalam kasus ini) dan bahasa kelompok saya sendiri adalah Naueti. Anehnya, negosiasi seluruhnya dilakukan di Makasae, karena saudara dan paman saya fasih dalam berbicara Makasae sementara Dua Perempuan tidak dapat berbicara bahasa kami. Banyak orang tidak bisa mengikuti diskusi, karena Makasae yang mereka gunakan satu tingkat lebih tinggi dari Makasae sehari-hari, hampir seperti bahasa ritual. Ketika salah satu pihak setuju dengan pendapat pihak lain, mereka berkata, "ai loloro" (disepakati)